10 Contoh Top Level Domain Inspiratif Untuk Bisnis

Jasa Iklan Online Jakarta – Domain adalah  adalah nama yang mudah diingat yang terkait dengan alamat IP fisik di internet. Nama unik ini muncul setelah tanda @ di alamat email, dan setelah www. di alamat web. Berikut ini Jasa Iklan Online Jakarta akan mengupas tuntas 10 top domain yang dapat Anda gunakan untuk website Anda.

Namun sebelum membaca artikel ini, mungkin Anda sudah tahu beberapa contoh top level domain seperti ini:

  • .COM: ekstensi paling populer. Biasanya untuk penggunaan komersial;
  • .ORG: ekstensi untuk organisasi non-profit;
  • .NET: top level domain untuk perusahaan teknologi jaringan, seperti penyedia jasa internet.

Untuk mengetahui domain lebih lengkap, berikut ini Jasa Iklan Online Jakarta akan menjelaskan top domain popular inspiratif untuk bisnis Anda berikut penjelasannya.

1. .ID

Domain .ID adalah top level domain yang digunakan untuk keperluan bisnis di Indonesia. Meski begitu, sebenarnya kebutuhan personal seperti blog pun boleh memakai domain ini.

Oleh sebab itu, domain .ID tidak membutuhkan persyaraan khusus untuk pemakainya. Contoh website yang menggunakan domain .ID yaitu RRI Radio, Wifi.id, dll.

2. .CO.ID

Domain .CO.ID khusus diperuntukkan bagi website dengan perusahaan di Indonesia yang sudah diakusi secara hukum. Oleh sebab itu Anda harus mengumpulkan persyaratan seperti scan SIUP/TDP, surat kepemilikan merk, dll.

Menggunakan domain .CO.ID, kredibilitas perusahaan akan meningkat. Sebab, hanya bisnis dengan legalitas hukum saja yang bisa mengantonginya.

3. .OR.ID

Contoh top level domain berikutnya, .OR.ID. Ini adalah singkatan dari organisasi Indonesia. Artinya, hanya organisasi sah dari Indonesia saja yang bisa menggunakannya. Misalnya, website resmi Palang Merah Indonesia (PMI).

top level domain OR.ID

4. .COM

Pasti, Anda sudah familiar dengan contoh top level domain .COM. Yap, domain .COM memang ditujukan untuk kebutuhan komersial. Tidak harus perusahaan, individu pun juga bisa memakai TLD ini untuk website apapun.

5. .CO

Top level domain .CO biasa digunakan untuk korporat. Baik startup, perusahaan, ataupun jenis bisnis lainnya.

Bagusnya, apapun bidang industrinya boleh menggunakan contoh top level domain ini. Baik perusahaan kuliner, pendidikan, teknologi, dsb.

contoh top level domain .CO

6. .STORE

Dari namanya saja, mungkin Anda sudah tahu contoh top level domain ini digunakan untuk keperluan bisnis.

Yang bikin unik, domain .STORE tidak merujuk ke lokasi geografis tertentu secara spesifik. Sehingga, Anda bisa menjangkau target audiens secara nasional maupun internasional.

STORE sebagai contoh top level domain

7. .TECH

Contoh top level domain .TECH bagus untuk perusahaan teknologi. Saat mendengar domain dengan ekstensi .TECH, pasti orang-orang langsung menduga website tersebut bergerak di teknologi. Misalnya, ces.tech.

8. .EDU

Sesuai dugaan Anda, contoh top level domain .EDU memang untuk kepentingan pendidikan. Oleh sebab itu, domain ini banyak digunakan oleh sekolah, universitas, atau institusi pendidikan lainnya. 

9. .BLOG

Kalau ingin memperkuat branding Anda sebagai blogger, TLD .BLOG bisa menjadi ekstensi yang tepat.

Dan meskipun untuk website blog, Anda boleh kok melakukan bisnis lewat situs yang bersangkutan. Seperti yang dilakukan Seth Godin, seorang penulis dan pengusaha asal Amerika Serikat,  yang mempromosikan kursusnya lewat website blog-nya.

contoh top level domain .BLOG

10. .XYZ

Mungkin, contoh top level domain .XYZ terdengar asing di telinga Anda. Padahal, domain ini dibuat sebagai alternatif domain .COM yang cenderung memberikan kesan website jaman dulu. Domain .XYZ sebenarnya kumpulan inisial dari tiga julukan generasi usia. Generasi X, Y, dan Z. Jadi, diharapkan domain ini bisa memberi kesan yang lebih unik, modern, dan merangkul berbagai kalangan usia. Terutama bagi Anda yang target audiens bisnisnya cukup luas.

Untuk Anda yang ingin membuat sebuatwebsite tapi domainnya sudah telanjur digunakan orang lain, Anda bisa mengakalinya dengan Top Level Domain atau familiar disebut TLD) diatas. Bukan hanya sebagai akhiran alamat website, TLD itu seperti seragam yang menunjukkan identitas situs. Jadi, ada aturan serta manfaat tertentu dari setiap jenis top level domain. Demikian, ulasan yang adpat Jasa Iklan Online Jakarta sampaikan pada artikel ini, semoga bisa menambah pengetahuan pembaca dan menjadi inspirasi pembaca juga untuk membuat website. 

Leave a comment