Siloam Hospitals – Mengenal Kembar Identik Dan Tidak Identik

14

Siloam Hospitals – Kenapa ada anak kebar tapi tidak mirip satu sama lain?

Pertanyaan ini mungkin pernah terlintas di pikiran Anda. Lenyataannya, memang tak semua pasangan kembar memiliki paras yang sama alias kembar identik. Kenapa demikian?

Dokter kandungan dari Rumah Sakit Siloam menjelaskan, menurut ilmu medis kembar identik atau tidak didasari oleh jumlah sel telur dan sel sperma yang berperan dalam pembuahan serta bagaimana mereka tumbuh dalam rahim sang ibu.

Kembar Tidak Identik

Dalam dunia medis, kembar tidak identik disebut sebagai kembar fraternal. Dan kembar tidak identik lebih umum terjadi dibandingkan kembar identik.

Sekitar 2/3 kelahiran anak kembar merupakan kembar tidak identik. Kembar yang satu ini tejadi ketika 2 sel telur dibuahi oleh 2 sel sperma. Inilah yang membuat wajah pasangan kembar tidak identik berbeda.

Selain itu, pasangan kembar fraternal ini juga tidak memiliki gen yang sama, bisa terlahir dengan jenis kelamin yang berbeda serta memiliki plasenta masing-masing.

Kembar Identik

Terjadi ketika satu sel sperma membuahi satu sel telur. Sel telur yang dibuahi tersebut kemudian membelah diri menjadi 2. Hasilnya adalah janin kembar identik dengan gen atau DNA yang sama, karena berasal dari 1 sel telur dan 1 sel sperma.

Karena itulah, dokter kandungan menjelaskan bahwa pasangan identik selalu memiliki jenis kelamin yang sama, wajahnya pun sangat mirip serta berbagi satu plasenta yang sama di dalam rahim.

Menurut dokter kandungan dari Rumah Sakit Siloam, sekitar 1 dari 250 wanita berpeluang memiliki anak kembar. Ada beberapa faktor yang membuat seorang wanita bisa hamil anak kembar identik atau tidak identik. Yakni :

  • Usia ibu hamil
  • Ras
  • Metode reproduksi
  • Keturunan
  • Jumlah kehamilan tertentu
  • Bentuk tubuh ibu hamil

Resiko dan tingkat kerepotan ketika mengandung dan memiliki anak kembar, baik kembar identik maupun tidak identik tentunya akan lebih besar.

Karena itu, jika Anda ingin memiliki anak kembar atau sedang mengandung anak kembar, maka rutinlah berkonsultasi dengan dokter kandungan agar kesehatan ibu dan anak tetap terjaga hingga proses kehlahiran nanti.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s