Siloam Hospitals – Penyebab Dan Diagnosa Tumor Colli Pada Leher

Siloam Hospitals - Dokter Kanker Terbaik

Siloam Hospitals – Tumor colli merupakan jenis tumor yang muncul dengan ditandai adanya benjolan di sekitar leher. Dimana benjolan tersebut ada yang berukuran besar sehingga terlihat jelas, namun ada juga yang kecil sehingga keberadaannya sering kali tidak disadari.

Menurut dokter kanker terbaik dari Rumah Sakit Siloam, penyebab umum dari tumor colli atau benjolan di sekitar leher bisa disebabkan karena adanya pembengkakan kelenjar getah bening.

Kelenjar getah bening sendiri terdiri dari sel-sel yang melindungi tubuh dari serangan infeksi serta sel-sel ganas yang menyebabkan kanker. Pembengkakan itu pun umumnya terjadi saat tubuh mencoba berjuang memerangi infeksi yang terjadi ketika seseorang jatuh sakit.

Pembengkakan kelenjar getah bening pun disebabkan oleh kondisi-kondisi, seperti radang tenggorokan, radang amandel, infeksi mulut dan gigi, infeksi sinus, infeksi telinga dan infeksi bakteri di kulit kepala.

Selain pembengkakan kelenjar getah bening, dokter kanker terbaik dari Rumah Sakit Siloam menyebutkan bahwa penyakit-penyakit di bawah ini juga dapat menyebabkan munculnya benjolan di leher:

  • Virus misalnya penyakit gondok menyebabkan pembengkakkan kelenjar air liur.
  • Cedera leher, maupun tortikolis (kaku otot leher) dapat menyebabkan timbulnya benjolan di otot-otot leher.
  • Penyakit autoimun atau penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh, kelainan kelenjar tiroid seperti penyakit gondok.

Penentuan diagnosis dari tumor colli dinilai mulai dari kronologis atau riwayat munculnya kelihan, riwayat penyakit sebelumnhya, penyakit di keluarga yang mungkin berkaitan dan kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan fisik.

Dari pemeriksaan tersebut, dokter kanker terbaik akan melanjutkannya dengan pemeriksaan penunjang lainnya guna mendukung peegakkan diagnosa.

tahap selanjutnya adalah mendiagnosis melalui ultrasonografi. Diagnosis dengan metode USG ini dapat menunjukkan gambaran yang sinkron, langsung dari benjolan leher pada saat itu juga.

Selain USG, dokter kanker mengatakan bahwa alat pencitraan medis lain, seperti CT Scan atau MRI pun terkadang digunakan untuk mengetahui karakteristik penyakit lebih dalam.

Pemeriksaan lainnya yang mungkin dilakukan adalah tindakan biopsi yang dilakukan dengan pengambilan sampel dari tumor untuk kemudian diperiksa di laboratorium guna menentukan penyebab tumor secara lebih jelas hingga ke tingkat seluler.

Dokter kanker dari Rumah Sakit Siloam menjelaskan bahwa langkah penanganan tersebut bisa dilakukan pada orang dewwasa maupun anak-anak, bahkan bayi baru lahir. Bentuk penanganannya pun disesuaikan dengan faktor seperti lokasi tumbuhnya tumor, jenis tumor dan apakah berpeluang menyebabkan kanker atau tidak.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s