Siloam Hospitals – Pilihan Suumber Makanan Untuk Penuhi Nutrisi Anak

Siloam Hospitals - Dokter Spesialis Anak

Siloam Hospitals – Setiap orang tua tentunya ingin memberikan segala sesuatu yang terbaik bagi buah hatinya, pun begitu dalam urusan nutrisi serta gizi anak.

Agar lebih jelas, dalam kesempatan ini dokter spesialis anak dari Rumah Sakit Siloam akan membahas seputar nutrisi untuk anak Anda, mulai dari kebutuhan gizinya hingga pilihan sumber makanan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil.

Menurut dokter spesialis anak, angka kecukupan gizi atau AKG adalah kecukupan rata-rata gizi harian yang dianjurkan untuk sekelompok orang setiap harinya. Penentuan nilai gizi ini akan disesuaikan dengan jenis kelamin, kelompok umur, tinggi badan, berat badan serta aktivitas fisiknya.

Kebutuhan gizi buah hati yang harus dipenuhi orang tua pun dibagi menjadi 2 kelompok, yakni zat gizi makro dan mikro. Zat gizi makro adalah semua jenis zat gizi yang dibutuhkan anak dalam jumlah banyak.

Seperti energi, protrein, lemak dan karbohidrat, Sementara zat gizi mikro adalah nutrisi yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit, seperti vitamin dan mineral.

Lalu, bagaimana dengan pilihan sumber makanan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian si kecil?

Semakin bertambahnya usia anak, dokter spesialis anak menjelaskan, maka jumlah kecukupan gizi yang harus dipenuhi setiap harinya pun akan semakin meningkat. Karena itu, sebagai orang tua, Anda dituntut untuk selalu memberikan sumber makanan yang bisa membantu memenuhi nutrisi atau gizi anak.

Ada pun tak perlu bingung, berikut ini ada beberapa pilihan makanan yang bisa diberikan untuk si kecil guna memenuhi kecukupan gizi hariannya. Yakni :

  • Karbohidrat

Adalah makanan pokok yang harus ada dalam setiap menu makanan si kecil. Karbohidrat yang dimakan akan diolah secara langsung oleh tubuh untuk menjadi gula darah, sumber     energi bagi semua organ dalam tubuh si kecil.

Karena itulah, dokter spesialis anak mengatakan bahwa sumber makanan ini tidak boleh dilewatkan. Berbagai makanan sumber karbohidrat yang bisa disajikan adalah nasi putih,       nasi merah, pasta, gandum, kentang dan ubi.

  • Protein

Merupakan salah satu kebutuhan zat gizi anak yang penting. Karena nutrisi yang satu ini berperan dalam membangun sekaligus memperbaiki sel dan jaringan tubuh yang rusak, terutama dalam masa pertumbuhan anak.

Agar kebutuhan proteinnya tercukupi, ada berbagai pilihan makanan yang bisa diberikan. Mulai dari protein hewani yang berasal dari hewan hingga protein nabati dari tumbuh-tumbuhan.

  • Lemak

Kalori yang terkandung di dalam lemak terbilang tinggi dibandingkan zat lainnya. Namun, dokter spesialis anak menghimbau, sebenarnya lemak tidak selamanya buruk karena lemak merupakan salah satu sumber energi cadangan yang penting untuk tubuh.

Tak hanya itu, lemak juga membantu proses penyerapan vitamin, membangun sel dan  jaringan, melancarkan pembekuan darah serta mendukung pergerakan otot.

Berbagai sumber lemak baik yang bisa diberikan bagi buah hati Anda adalah buah alpukat, kacang-kacangan, telur dan tofu.

  • Vitamin Dan Mineral

 Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, vitamin dan mineral tergolong zat gizi mikro. Namun, meskipun namanya mikro tapi kebutuhan hariannya tidak boleh dikesampingkan dan haruslah dicukupi.

Mudahnya, Anda dapat memberikan berbagai jenis sayur dan buah setiap harinya bagi si kecil untuk membantu mencukupi kebutuhan vitamin serta mineral. Selain itu, daging ayam, sapi, makanan laut, kacang-kacangan serta jamur pun kaya akan kandungan gizi mikiro.

Itulah beragam pilihan makanan yang dapat menjadi sumber nutrisi bagi si kecil. Semoga informasi yang disampaikan oleh dokter spesialis anak dari Rumah Sakit Siloam ini dapat nermanfaat untuk Anda dan juga si kecil.

Sampai jumpa di kesempatan lainnya 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s