Hendri Sutandinata Maya Muncar – Bagaimana Cara Membuka Toko Offline Namun Dengan Modal Kecil?

Hendri Sutandinata Maya Muncar – Memiliki usaha pribadi akan sangat menyenangkan jika dijalani sepenuh hati dan sesuai hobi, begitupun dengan berdagang. Di zaman yang serba online betul-betul memudahkan masyakarat dalam berbelanja, tanpa harus keluar rumah, macet dijalanan, dan lain sebagainya.

Tapi jangan salah, toko offline juga diperlukan untuk menunjang bisnis Anda. Tak sedikit para pedagang online menyalahgunakan kepercayaan pembeli dan menipu mentah-mentah konsumen, sedangkan pembeli tidak tahu harus komplain ke mana.

Hal inilah yang lantas membuat banyak orang merasa malas belanja online pada lapak yang tidak memiliki toko offline. Menurut Hendri Sutandinata Maya Muncar, jika Anda memiliki toko offline, maka akan jauh lebih mudah bagi Anda untuk menjalankan bisnis online juga.

Otomatis pembeli akan lebih yakin, tenang, dan merasa aman ketika ingin berbelanja di lapak Anda, karena mereka tahu di mana posisi toko fisik tersebut. Sehingga hal ini juga akan membuat Anda lebih untung serta mudah mendapatkan pelanggan dan kenaikan omzet.

Lantas, bagaimanakah cara membuka toko offline dengan modal yang kecil?

Bagi Anda yang sekarang sedang berbisnis online dan ingin membuka toko konvensional dengan modal kecil, simaklah beberapa tips yang akan disampaikan oleh Hendri Sutandinata Maya Muncar berikut ini. Yakni :

  • Tawarkan Sistem Bagi Hasil

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk membuka toko konvensional dengan biaya terjangkau adalah berbagi tempat dengan pemilik tempat lain yang menyediakan sewa untuk bekerja sama dengan Anda.

Tawarannya sistem bagi hasil keuntungan. Di sini Anda harus bisa meyakinkan mereka dengan menjelaskan peluang dan keuntungan dari bisnis Anda, agar mereka tertarik join dengan Anda.

  • Buka Toko Di Pasar Modern

Jika tertarik membuka toko konvensional di sebuah mal atau pusat perbelanjaan besar, tapi dana tidak mencukupi, lebih baik berpikir ulang. Cobalah alternatif lain dengan membuka toko di pasar modern yang tidak kalah bergengsi dengan di mal.

Hendri Sutandinata Maya Muncar mengatakan, pasar modern pun tidak masalah. Karena pasar modern pun memiliki pengunjung cukup banyak.

Dari kelas bawah sampai kelas atas, sehingga peluang bisnis Anda akan menjadi lebih luas. Sebenarnya, semua tergantung secerdas apa Anda menawarkan barang atau jasa yang dijual untuk menarik hati pelanggan dan pada akhirnya loyal.

  • Berbagi Tempat Usaha

Sangatlah bagus kalau Anda memiliki teman atau saudara pebisnis dan memiliki toko offline di sebuah lokasi. Anda kan jadi bisa berbagi tempat. Atau bekerja sama dengan pengusaha lain yang ingin menyewa lokasi di tempat yang sama, namun kekurangan modal.

Akan tetapi sebaiknya kerja sama berbagi tempat usaha ini tidak pada bisnis yang sama. Jadi menjual barang yang berbeda guna menghindari konflik perdagangan di kemudian hari.

Manfaat lainnya, Anda bisa bertukar pikiran, pengalaman, dan membicarakan mengenai keuntungan bisnis dengannya. Berbagi tempat usaha akan meringankan beban biaya sewa Anda setiap bulannya.

  • Cari Tempat Usaha yang Lokasinya Tidak Strategis

Cara ini sebenarnya cukup riskan dilakukan, mengingat lokasi sangat penting untuk membuka sebuah toko offline. Namun, jika Anda ingin mendapat harga miring, ya memang di lokasi yang tidak strategis.

Maka dari itu, pastikan bahwa bisnis online Anda sudah punya nama besar di dunia maya dan memiliki jumlah pelanggan yang cukup banyak.

Meski masyarakat sudah disuguhi berbagai kemudahan dalam berbelanja, tapi jangan patah semangat untuk berinovasi demi mengembangkan usaha Anda. Hendri Sutandinata Maya Muncar berpesan, jadilah pengusaha sukses yang mengerti dan mampu memenuhi kebutuhan konsumen.

Leave a comment