Pereda Nyeri Haid – Jenis Makanan Pereda Nyeri Haid!

Nyeri haid atau kram pada perut bagian bawah selama haid memang tidak bisa lepas dari perempuan saat haid. Rasa sakit ini tidak jarang sering mengganggu aktivitas setiap bulannya.

Umumnya, seorang perempuan atau wanita mengalami pendarahan dari organ intimnya selama 4 sampai 5 hari. Pendarahan ini terjadi akibat luruhnya lapisan dinding rahim yang tidak dibuahi atau jia tidak dalam kondisi hamil.

Selain pendarahan, selama siklus haid perempuan juga mengalami perubahan hormornal yang bisa menyebabkan peradangan pada dinding rahim.

Peradangan inilah yang terkadang menimbulkan serta menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman di daerah perut. Akibatnya banyak perempuan yang terpaka mengkonsumsi obat pereda nyeri haid untuk menghilangkan rasa sakit tersebut.

Jika terus mengkonsumsi obat pereda nyeri haid, kandungan kimia pada obat tersebut tentunya akan berbahaya bagi kesehatan. Namun jangan khawatir, karena ada cara alami untuk mengurangi nyeri haid pada perut. Yakni dengan mengkonsumi makanan berikut ini :

  • Cokelat

Jenis makanan pereda nyeri haid yang pertama adalah cokelat. Pilihlah cokelat pekat atau dark chocolate untuk mengurangi peradangan, nyeri serta rasa tidak nyaman lainnya saat perut haid.

  • Sayuran Hijau

Sayuran berdaun hijau baik dikonsumsi selama haid karena kaya akan kandungan zat besi yang dapat membantu melancarkan al;iran darah guna mengurangi peradangan dan rasa sakit akibat nyeri haid.

  • Susu

Adalah jenis makanan pereda nyeri haid selanjutnya. Susu merupakan  bahan alami yang memiliki kandungan kalsium untuk menghilangkan nyeri haid.

  • Almond

Kandungan vitamin E dalam kacang almon bisa mengurangi peradangan dan kram otot akibat nyeri haid.

  • Biji Rami

Biji rami kaya akan asam lemak omega-3 yang mana dapat mengurangi nyeri haid secara efektif.

  • Pisang

Buah yang satu ini juga kaya akan magnesium yang dapat mengurangi kram atau nyeri akibat haid, sembeli bahkan suasana hati selama haid. Karenanya tidak heran pisang termasuk dalam jenis makanan pereda nyeri haid yang ampuh.

  • Apel

Rutin mengkonsumsi apel juga bisa mengurangi nyeri haid. Buah ini kaya akan antioksidan dan serat yang bisa mengurangi nyeri perut juga sembelit yang biasanya terjadi saat haid.

Itulah ketujuh jenis makanan pereda nyeri haid yang bisa Anda konsumsi selama haid guna menghindari potensi mengalami nyeri haid.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s