Bisnis Tanpa Kompetitor ? 100% Bisa

 

Edward Chang
Edward Chang

Edward ChangBisnis apapun tentu memiliki pesaing atau kompetitor, apapun bidang bisnisnya pasti selalu ada yang melakukan plagiasi hingga duplikasi. Memiliki kompetitor menjadi tantangan tersendiri bagi para pebisnis. Hal tersebut disebabkan oleh kompetitor agresif  yang selalu mencoba mengambil pangsa pasar, dan berkemungkinan untuk membuat para customer pindah ke kompetitor.

Namun jika Anda ingin membuka bisnis dan tidak ingin memiliki kompetitor, ada beberapa hal yang harus dilakukan. Simak di bawah ini,

  1. Pastikan Produk / Jasa Yang Ingin Dijual

Untuk memulai bisnis, tentu Anda harus menentukan bisnis apa yang akan dijalankan. Usahakan untuk menghindari produk bersifat massal, karena hal tersebut memudahkan orang lain untuk melakukan duplikasi.

 

  1. Buat Produk Dimana Hanya Anda Yang Bisa Membuatnya

Setiap produk tentu memiliki ciri khas dan secret ingredients sendiri. Buatlah produk dimana hanya Anda yang bisa membuatnya, mulai dari bahan-bahan hingga teknik pembuatan.

Jika ingin bisnis berupa jasa, maka buatlah jasa yang tidak pernah ada sebelumnya, pastikan hanya Anda ahlinya.

 

  1. Tentukan Target Market

Jika Anda tidak ingin memiliki kompetitor, pastikan target marketnya adalah target market tertutup. Anda bisa mengincar komunitas atau instansi dimana hanya Anda satu-satunya pemasok. Dengan memperkuat trust mereka terhadap bisnis Anda, maka mereka juga akan loyal dan menolak jika ditawarkan bisnis lain. Namun pastikan bahwa bisnis Anda layak dan terbaik.

Edward Chang menambahkan banyak mind set pebisnis adalah memperbanyak pelanggan tanpa memperdulikan loyalitas. Padahal jika memiliki sedikit klien tapi mereka loyal dan percaya dengan Anda, bisnis Anda tetap bisa berjalan dan untung. Sebab percuma jika banyak namun tidak loyal, dimana sekali purchase langsung menghilang.

 

  1. Promosikan Diri Sebagai Yang Pertama

Setelah Anda menentukan produk/ jasa yang ingin dipasarkan, selalu cantumkan di deskripsi bahwa bisnis Anda adalah satu-satunya dan yang pertama. Dengan begitu maka konsumen tidak berusaha mencari produk sejenis. Ditambah produk Anda memang satu-satunya.

 

  1. Tekuni Bisnis Tersebut

Jika bisnis telah berjalan maka Anda harus tekun, tidak perlu tergiur dan beralih ke bisnis yang sedang naik daun. Sebab bisnis yang seperti itu biasanya hanya sementara. Jika Anda menekuni dan fokus maka bisnis Anda akan cepat bertumbuh dan sukses.

 

Mungkin memang sulit untuk membuat bisnis yang pure tanpa hadirnya pesaing. Namun menurut Edward Chang, jika Anda kreatif dan selalu menghasilkan ide baru maka hal tersebut tidak mustahil. Semoga bermanfaat

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s