Distributor HPL Jakarta – Kenali Bahan Finishing Furnitur

Berdasarkan pengalaman dari distributor HPL Jakarta, apapun bahan dasar yang dipergunakan untuk sebuah furnitur, permukaan luarnya harus di finishing agar tampilannya indah. Terlebih, ada berbgai macam jenis style finishing yang tersedia.

Beberapa diantaranya adalah finishing melamine, cat duco dan HPL Laminate. Sekdar info, jika bagian dalam kabinet biasanya dilapisi bahan melaminto. Namun kabinet yang menggunakan kaca, bagian dalamnya tidak dilapisi melaminto, melainkan dilapisi dengan bahan yang sama dengan pelapis kabinet bagian luar.

Berikut ini merupakan beberapa bahan finishing furnitur yang bisa menjadi informasi penting untuk Anda.

  1. Finishing Melamine

Caranya dengan melakukan metode penyemprotan cairan melamine sebagai lapisan permukaan finishing akhir pada permukaan furnitur dapat berupa tampilan yang tidak mengkilat atau mengkilat.

Pemilihan warna juga bervariasi, biasanya terdiri dari warna kayu natural, karena finishing istem melamine dalam interior desain digunakan untuk furnitur yang ingin menampilkan kesan natural pada serat kayu.

Bahan dari finishing melamine ini adalah Melamine Sanding Sealer (Fungsinya sebagai lapisan dasar sebelum proses top coat dilakukan), Melamine Clear (Fungsinya sebagai lapisan akhir setelah proses pekerjaan sanding seale dilakukan), Thinner A (Fungsinya sebagai pengencer cairan finishing melamine), Wood Filler (Bahan untuk menutupi pori-pori kayu) dan Wood Stain (Bahan berupa cairan sebagai pewarna permukaan kayu).

  1. Cat Duco

Finishing ini menggunakan metode penyemprotan cat duko pada permukaan furnitur, yang menggunakan pistol semprot dengan menggunakan tekanan angin.

Untuk warna dapat bervariasi sesuai dengan pilihan yang beraneka ragam seperti warna pastel maupun natural. Ketika proses cat duco ini serat kayu pada perabot kayu tidak akan erlihat dan merupakan efek samping jika menggunakan cat duco.

Biasanya finishing dengan teknik duco dalam desain interior digunakan untuk menampilkan kesan nuansa dinamis, elegan dan modern dalam ruangan. Pengecatan teknik ini pada prinsipnya adalah pelapisan yang menutup serat dan tekstur permukaan kayu seingga menjadi tidak terlihat lagi.

  1. Laminate

Metode finishing interior atau furnitur ini caranya dengan merekatkan atau memberikan bahan pelapis dipermukaan furnitur. Pelapis umum yang digunakan diantaranya adalah HPL (High Polyphinil Laminated), tacon, decosit, supercon dan PVE (Polymerization of Vinyl Chlorid).

Namun, diantara keempat tersebut HPL adalah yang paling terbaik dan bisa Anda temukan di distributor HPL Jakarta Taco. HPL merupakan bahan pelapis furnitur dan merupakan salah satu alternatif finihsing material yang terbuat dari resin, penolin, kraft paper dan decorative paper.

Ada beberapa keunggulan dari HPL Laminate yang perlu Anda ketahui, berikut ini paparannya :

– Pengerjaan lebih praktis, karena tidak tergantung suhu udara dan panas

– Harga lebih kompetitif dibandingkan cat duco

– Waktu pengerjaan HPL lebih singkat

– Warna merata dan sama

– Cocok untuk furnitur dengan tampilan modern dan minimalis

– Desain exclusive dan motif lebih banyak

– Mudah perawatannya

– Tahan terhadap goresan, noda dan kuat.

– HPL Laminate merupakan produk yang ramah lingkungan.

– Untuk woodgrain tersedia dalam jumlah banyak, sehingga siap dipakai tanpa harus menebang pohon untuk mendapat motif kayu.

Itu dia merupakan beberapa penjelasan tentang bahan finishing furnitur yang bisa menjadi info bermanfaat untuk Anda. Jika Anda berminat untuk menggunakan HPL Laminate yang berkualitas ada di distributor HPL Jakarta yaitu Taco HPL.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s