Sering Mengantuk Padahal Sudah Tidur? Ini Penyebabnya

Sudah tidur lama, tapi kok masih ngantuk ya? Nah, kita semua pasti pernah mengatakan dan merasakan hal tersebut kan. Sudah tidur dalam waktu lama, tapi masih merasa ngantuk dan menguap sana sini.

Jika Anda merasakan hal tersebut, carefull with that, karena bisa jadi ada sesuatu yang tidak beres bukan pada jadwal tidur Anda tapi pada diri dan tubuh Anda.

Rasa kantuk merupakan sebuah signal alami agar tubuh beristirahat, tapi nih jika dalam setiap kondisi kita merasa ngantuk bahkan saat pagi atau saat bekerja, apakah penyebab sebenarnya? Dilansir Webmd, berikut penyebabnya.

1. Anemia

Jika Anda sering mengantuk nih, bisa jadi penyebab utamanya adalah kurangnya darah yang menyebabkan kurangnya zat besi, sel darah merah yang diperlukan untuk membawa oksigen ke jaringan dan organ tubuh pun menjadi berkurang, sehingga menyebabkan orang sering merasakan kantuk yang intens meskipun ia sudah lama tidur di atas springbed American Pillo.

2. Hipotiroid

Hipotiroid merupakan sebuah kondisi dimana produksi hormon tiroid dalam tubuh menjadi berkurang. Tiroid sendiri merupakan kelenjar kecil di dasar leher, yang fungsinya nih untuk mengontrol metabolisme dan kecepatan mengubah bahan bakar menjadi energi.

Ketika tubuh merasakan kekurangan kelenjar yang tidak aktif dengan metabolisme terlalu lambat, bersiapkan merasakan lelah, letih, lesu dan ngantuk sepanjang hari.

3. Diabetes

Glukosa adalah bahan bakar dari energi yang dilepaskan dalam sel-sel karena adanya oksigen. Orang dengan diabetes tipe-2 memiliki tingkat glukosa darah yang tinggi, karena tubuh tidak dapat menggunakan glukosa ini untuk menyediakan energi. Oleh karena itu, individu dengan diabetes tipe-2 mengeluh merasa lelah dan mengantuk sepanjang waktu.
4. Dehidrasi

Jangan sepelakan dehidrasi karena hal ini bisa menjadi awal bagaimana rasa kantuk menjalar keseluruh tubuh. Saat tubuh kekurangan cairan, rasa lelah pun dengan mudah dirasakan oleh tubuh dan pada akhirnya Anda ingin sesegera mungkin mengistirahatkan badan di atas kasur.

Untuk mengatasinya, segeralah cukupi kebutuhan air dalam tubuh agar selalu merasa segar dan bersemangat menjalani hari.

5. Gangguan Tidur

Gangguan tidur seperti sleep apnea dan insomnia juga dapat menyebabkan perasaan kelelahan dan kantuk terus-menerus. Tidur digunakan untuk memfungsikan tubuh kembali, sel-sel tubuh memperbaiki dan meremajakan diri.

Sementara pada orang yang menderita kurang tidur karena insomnia dan sleep apnea, sistem pernapasan akan terhambat sehingga sering menyebabkan kelelahan dan kantuk.

6. Penyakit Jantung

Ketika mudah merasa lelah dan mengantuk dalam melakukan kegiatan sehari-hari, sebaiknya Anda harus memastikan bahwa jantung Anda dalam keadaaan yang baik, karena selalu mengantuk bisa jadi pertanda awal penyakit jantung.
Itulah beberapa penyebab mengapa Anda sering merasa kantuk meskipun sudah tidur lama. Mulai dari sekarang, pastikan tubuh Anda selalu sehat agar rasa kantuk tidak datang disaat yang tidak tepat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s