Ranu Kumbolo, Surga Tersembunyi di Kaki Mahameru

Siapa sih yang tidak kenal dengan gunung berapi yang satu ini? Betul banget kawan, sejak muncul di film 5cm, Semeru semakin populer di kalangan pecinta alam terlebih dengan pemandangan alamnya yang indah dan mampu ‘membius’ mata siapapun yang datang ke tempat ini.

Rasanya nih ya, kurang lengkap jika membahas keindahan Semeru tidak menyinggung surga tersembunyinya yang satu ini, apalagi kalau bukan Ranu Kumbolo.

Bagi kalian yang masih awan, Ranu Kumbolo adalah sebuah danau gunung yang letaknya di Kabupaten Lumajang, provinsi Jawa Timur. Danau keren ini letaknya di pegunungan Tengger, di kaki gunung Semeru.

Dengan luas sekitar 15 hektare, Ranu Kumbolo memiliki pesona tersendiri. Tidak heran jika kini, danau yang satu ini menjadi bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Wow, keren ya!

Kalian pasti berfikir, “apa sih menariknya Ranu Kumbolo? Perasaan sama aja seperti danau yang lainnya!”. Eits… buang jauh-jauh pemikiran itu, karena ada something special dari Ranu Kumbolo yang harus kalian ketahui.

wisata-ranu-kumbolo-danau-di-gunung-semeru-yang-penuh-misteri

 

Bagi para pecinta alam dan backpacker, Ranu Kumbolo menjadi tempat yang tidak asing karena tempat ini sering dijadikan transit bagi mereka yang ingin melanjutkan pendakian ke puncak mahameru di gunung semeru yang menjadi puncak tertinggi di pulau jawa.

Hal menarik di Ranu Kumbolo yang harus kalian ketahui nih ya, adalah debit air di danau ini yang tidak pernah berkurang, dan menjadikan Ranu Kumbolo senantiasa mendapatkan perhatian dari para pendaki untuk mendirikan tenda di tepi danau.

Selain itu, ada hal unik loh yang sering terjadi di Ranu Kumbolo, yaitu ketika matahari mulai terbit diantara dua buah bukit hijau yang muncul perlahan akan menghipnotis mata kita, mengapa? ya karena sangat indah, indahhhhh banget! ๐Ÿ™‚

Jika kabut mulai turun di waktu sore, Ranu Kumbolo akan menampakan wujud aslinya, yaitu danau dengan sejuta keindahan. Dan disaat malam tiba, kita bisa melihat langit cerah dengan suguhan gugusan bintang yang berkilau. (Jika kalian melihatnya, percaya deh pasti cuma satu kata yang akan kalian ucapkan yaitu WOW! ๐Ÿ™‚ )

danau-ranu3

Membahas Ranu Kumbolo belum lengkap rasanya ya jika tidak membahas juga bukit yang ada disebelahnya. Ada yang tahu apa namanya? Ya, bener banget, bukit tersebut adalah Bukit Cinta.

Ada satu mitos yang berkembang di bukit ini yaitu ketika kita mendaki bukit ini dengan membayangkan orang yang kita cintai, nantinya kita akan bahagia bersamanya, dengan catatan kita jangan menoleh ke belakang, apapun yang terjadi. Hmmm… benar gak ya?

Bagi kamu yang sering berkunjung ke tempat ini, pasti juga tahu jika di Ranu Kumbolo juga terdapat prasati peninggalan kerajaan Majapahit dan juga terdapat tuhu peringatan bagi mereka yang meninggal pada waktu pendakian ke puncak mahameru. Seperti apa bentuknya? langsung aja deh kalian ke tempat ini, hehe!

Nah, itu dia sedikit informasi terkait surga mahameru yaitu Ranu Kumbolo. Dengan semakin banyaknya Tiket Pesawat Online Air Asia, menjadikan Ranu Kumbolo kian digandrungi untuk dikunjungi oleh wisatawan. Apakah kamu salah satunya?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s