Fakta Menarik Tentang Iron Bridge, The First Bridge From Iron In The World

Inggris menjadi salah satu negara yang kental dengan sejarah di dunia. Memasuki abad ke-18, Inggris mulai tiba pada era Revolusi, hal ini semakin diperkuat dengan mulai munculnya bangunan-bangunan bersejarah, salah satunya adalah Iron Bridge di Kota Telford.

Jika dilihat secara seksama, Iron Bridge hampir sama dengan jembatan-jembatan yang menggunakan besi yang dibeli di Toko Besi Jakarta lainnya, namun jika Anda sudah mengenal jembatan ini khususnya nilai history nya, maka dapat dipastikan Anda akan terkagum-kagum.

Pembangunan Iron Bridge dimulai pada tahun 1777-1778 dimana pada saat itu diawali dengan pembangunan kali jembatan yang bermaterialkan batu.

Kemudian, dilanjutkan dengan pemasangan rusuk besi penyangga jembatan yang dilakukan pada tahun 1779. Di tahun ini pula jembatan baru inipun membentang di atas sungai. Setelah terlihat sempurna, barulah pada tanggal 1 Januari 1781 jembatan ini mulai beroperasi secara resmi.

ironbridge-gorge_2066383b

Jembatan yang berfungsi sebagai penghubung antara dua desa yang sibuk di jaman revolusi industri pada waktu itu ini, menurut catatan sejarah, konon pembangunannya menelan biaya lebih dari £6.000.

Iron Bridge terus kokoh selama lebih dari 100 tahun, dan pada usianya yang menginjak 159 tahun pada tahun 1950, jembatan ini ditutup untuk jalur kendaraan dan beralih fungsi menjadi objek wisata. Meskipun begitu, kondisi jembatan ini masihlah kokoh karena di topang dengan lima tulang rusuk besi cor yang melengkung sepanjang 30 meter.

Wisatawan yang mengunjungi Iron Bridge bukan hanya wisawatan lokal saja, tetapi juga dari mancanegara. Tentu saja, selain menikmati landscape alam yang indah, mereka juga ingin menginjakan kakinya diatas jembatan yang usianya sudah lebih dari 3 abad tersebut.

Sebagai tempat bersejarah dengan rentang usia yang tua, Iron Bridge pun menerima penghargaan dari UNESCO pada tahun 1986 sebagai salah satu situs warisan dunia yang masuk dalam kategori Grade I listed building.

Sekarang, Iron Bridge sudah bertransformasi menjadi tempat wisata yang bisa dinikmati siapa saja. Untuk mengakomodir kebutuhan wisatawan, kini di sekitaran Iron Bridge turut dibangun hotel. cafe dan restoran agar menarik lebih banyak pengunjung ke kota Telford.

So, jika Anda pergi ke Inggris, jangan lupa sempatkan waktu untuk melihat salah satu peninggalan revolusi negeri Ratu Elisabeth yang masih kokoh hingga hari ini tersebut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s